Wednesday 14 February 2018

BLOWER DAN KIPAS SENTRIFUGAL

BLOWER DAN KIPAS SENTRIFUGAL

I.       TUJUAN PERCOBAAN
Setelah melakukan percobaan mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Mengenalkan bagian-bagian blower dan kipas sentrifugal
2.      Memahami prinsip kerja blower dan kipas sentrifugal

II.    ALAT YANG DIGUNAKAN
1.      Blower Sentrifual
2.      Kipas Sentrifugal

III. DASAR TEORI
Transfortasi fluida melalui pipa, peralatan udara terbuka dilakukan dengan bantuan pompa, kipas, atau blower (penghembus). Alat-alat tersebut fungsinya untuk meningkatkan kecepatan, tekanan atau elevasi (ketinggian) fluida. Metode yang paling umum untuk menikkan energi ialah dengan aksi positive displacement atau aksi sentrifugal yang diberikan dari luar. Pompa digunakan untuk memindahkan zat cair, sedangkan kipas, Blower atau kompresor untuk menambah energi pada gas.
1.      Blower Sentrifugal
Contoh Blower Sentrifugal satu tahap seperti pada gambar penampakannya seperti Pompa sentrifugal, kecuali rumahan dan buangannya sempit sedang diameter rumahannya dan buangannya lebih besar dari pompa. Kecepatan opeasinya tinggi, yaitu 3.600 rpm atau lebih. Alasan penggunaan kecepatan tinggi dan diameter impeller yang besar karena diperlukannya tinggi-tekan yang sangat besar. Kecepatan untuk blower sentrifugal kira-kira sepuluh kali daripada pompa sentrifugal. 

2.      Kipas Sentrifugal
Kipas-kipas besarnya sentrifugal, opersinya berdasarkan prinsip yang persis sama dengan pompa sentrifugal, tetapi daun-daun impellernya biasanya dilekungkan kedepan. Contoh impeller kipas pada gambar. Impeller ini dipasang didalam rumahan yang terbuat dari lembaran logam tipis. Ruang bebas (clearance) dibuat besar dan tinggi-tekan buang rendah, yaitu 5-60 in. H2O. Kadang-kadang, sebagaimana terdapat pada kipas ventilasi hampir semua energi yang ditambahkan dikonversikan menjadi energi kecepatan dan hampir tidak ada tinggi tekan tekanan. Peningkatan kecepatan selalu menyerap sebagian besar energi yang ditambahkan sehingga harus selalu diperhitungkan dalam menaksir efisiansi dan kebutuhan daya. Efisiensi total keluaran daya termasuk tinggi-tekan tekanan maupun tinggi-tekan kecepatan adalah kira-kira 70%.

-          Apakah fan dan blower itu ?
            Hampir kebanyakan pabrik menggunakan fan dan blower untuk ventilasi dan untuk proses industri yang memerlukan aliran udara. Sistim fan penting untuk menjaga pekerjaan proses industri, dan terdiri dari sebuah fan, motor listrik, sistim penggerak, saluran atau pemipaan, peralatan pengendali aliran, dan peralatan penyejuk udara (filter, kumparan pendingin, penukar panas, dll.). Contoh sistim digambarkan dalam Gambar 1. Departemen Energi Amerika Serikat meperkirakan bahwa 15 persen listrik di industri manufakturing Amerika dipakai oleh motor. Hal yang sama di sektor komersial, listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan motor fan yang merupakan bagian dari biaya energi terbesar untuk penyejukan ruangan (US DOE, 1989). Fan, blower dan kompresor dibedakan oleh metode yang digunakan untuk menggerakan udara, dan oleh tekanan sistim operasinya. The American Society of Mechanical Engineers (ASME) menggunakan rasio spesifik, yaitu rasio tekanan pe ngeluaran terhadap tekanan hisap, untuk mendefinisikan fan, blower, dan kompresor.
Kipas angin  ( Fan ) adalah perangkat mekanis yang digunakan untuk membuat aliran gas kontinu seperti udara.Dalam setiap sistem pendingin, yang menggunakan gas sebagai penghantar, kipas angin adalah unit wajib yang menciptakan aliran udara dalam sistem. Sistem ini dapat dilihat dalam  kipas angin sederhana yang digunakan di rumah tangga atau kipas pendingin eksternal untuk mesin pembakaran internal. Ketika membutuhkan tekanan yang lebih tinggi diperlukan blower yang digunakan sebagai pengganti kipas angin.

           
IV.        PROSEDUR KERJA
1.      Memeriksa kelengkapan blower dan kipas yang digunakan dalam percobaan
2.      Melakukan pembongkaran blower dan kipas untuk mengenal bagian-bagian dalam blower dan kipas tersebut
3.      Memasang kembali bagian-bagian blower dan kipas yang telah di bongkar
4.      Selesai percobaan kembalikan dalam keadaam rapi dan bersih dan disimpan ditempat yang telah ditentukan

V.       DATA PENGAMATAN
VI.        ANALISA PERCOBAAN
Pada praktikum kali ini yaitu “blower dan kipas sentrifugal” mempunyai tujuan mengenalkan bagian-bagian blower dan kipas Sentrifugal serta memahami prinsip kerja blower dan kipas sentrifugal.
Kami melakukan pengamatan dan menghitung jumlah blower dan kipas sentrifugal yang ada di laboratorium Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya. Blower itu sendiri adalah alat yang brfungsi untuk meningkatkan kecepatan, tekanan atau elevasi (ketinggian) fluida. Blower biasanya terdapat pada alat-alat aliran fluida. Sedangkan kipas sentrifugal yaitu alat yang berfungsi untuk menyerap udara dan mengeluarkan kembali. Kipas ini biasanya terdapat dalam ruangan. Pada prinsipnya, blower dan kipas sentrifugal cara kerjanya sama tetapi berbeda pada baling-balingnya.
Setelah melakukan pengamatan, maka di dapatlah jumlah blower dan kipas dari berbagai lokasi di Laboratorium Teknik Kimia POLSRI.  Blower di laboratorium terdapat 7 buah yang lokasinya ada pada Laboratorium Satuan Proses, KAD, Kimia Analitik, Pengendalian Proses, dan Destilasi. Sedangkan Kipas sentrifugal terdapat 17 buah pada Laboratorium Utilitas, Hidrokarbon, Satuan Proses, Satuan Operasi, KAD, Gudang, Gudang Zat Kimia dan Destilasi.

VII.    KESIMPULAN
Setelah melakukan percobaan maka dapat disimpukan bahwa :
-          Kami dapat mengenal bagian-bagian blower dan kipas sentrifugal
-          Kami mengetahui jumlah blower dan kipas sentrifugal yang ada di laboratorium Teknik Kimia POLSRI

VIII. DAFTAR PUSTAKA
-          Jobsheet.2015. “Penuntun Praktikum Utilitas”. POLSRI:Palembang



PERTANYAAN
1.             Jelaskan perbedaan prinsip kerja blower dan kipas sentrifugal ?
Jawab :
Blower : Mengalirkan fluida serta mengubahnya dari tekanan rendah ke tekanan tinggi sebagai akibat adanya gaya sentrifugal yang dialami oleh fluida dengan kecepatan 1,70 kg/cm3 serta kecepatn putar 15000 rpm
Kipas   : Mengalirkan udara dari tekanan rendah ke tekanan tinggi dengan   kecepatan putar 1200 rpm.

2.            Jelaskan perbedaan blower dan fan?
Jawab:
Blower
-          Digunakan sebagai media transportasi udara dengan system menghisap dan menghembuskan sesuai dengan keperluan peralatan.
-          Penerapan system yang cenderung tidak terjadi penyumbatan.

Fan
-          Berguna untuk handling padatan yang terbang (debu, serpih kayu, skrap logam)
-          Digunakan untuk pemanasan perumahan ventilasi dan penyejuk udara (HVAC)



GAMBAR ALAT


No comments:

Post a Comment